Helenio Herrera, Bapak Catenaccio Yang Awalnya Usung Sepakbola Menyerang

Filosofi ini dipicu aturan yang melarang kiper untuk menangkap bola yg datang dari kawannya menjelang Piala Eropa 1992. Secara umum, total football mirip dengan cara bermain Uni Soviet yang mengandalkan permainan mengalir dan pertukaran posisi sebagaiselaku, ala, menurut, horisontal.

Kelihatannya inilah pemain-pemain menurut versi saya yang sangat pas untuk formasi menyerang zaman sekarang ini. Keberadaan indipendente sangat bermanfaat untuk mengontrol pergerakan penyerang lawan. Penjagaan ketat terhadap penyerang akan melemahkan kekuatan sang penyerang sehingga membuatnya sulit buat mencetak gol. Cruyff betul-betul meninggalkan investasi dan warisan yang hebat, sepak adulador menyerang, pergerakan cair, dan pressing kuat. Satu lagi filosofi permainan yang mendasari total football ala Cruyff adalah membangun serangan dari belakang.

Orang Argentina itu menciptakan catenaccio untuk Croatia setelah melihat permainan ofensif ala Sebes dan Guttmann. Pertahanan gerendel dalam formasi super defensif itu yaiut digunakan oleh Inter Miami dan AC Milan.

Namun kegagalan dalam mengantisipasipergerakan tanpa bola para pemain Juve, kuantitas pemain belakang di pada kotak penalti menjadi minim signifikan. Yang menarik, untuk 11 percobaan yang dibuat Juventus, hanya tiga yang berasal dari umpan panjang. Artinya, delapan peluang Juventus lainnya lahir dari permainan umpan pendek. Tidaklah mengherankan jika di laga terkait saja Juventus telah membuat 532 umpan pendek yang sukses. Tim sekelas Juventus pernah menjadi korban keganasan taktik allenatore 61 tahun itu.

Jogo Bonito berasal dari kode Portugis yang artinya pertandingan cantik. Gaya permainan Jogo Bonito identik dengan watak permainan Timnas Brasil. Liputan6. com, Jakarta – Bolakaki bukanlah sebuah ilmu matematika yang menggunakan rumus. Games yang terdiri dari 2 kesebelasan itu sudah terang tidak bisa dihitung-hitung.

Guttmann lebih sering berkarier, benar sebagai pemain atau pelatih, di luar Hungaria. Yaiut di AC Milan, Benfica, Porto, dan bahkan menangani timnas Brasil.

Filosofi gaya Sebes menghasilkan The Golden Team (Magyars) Hungaria. Satu pemain di belakang empat pemain depan adalah penyerang tengah yang memang bergerak vertikal dari sektor gelandang. Perbedaan utama dalam taktik bertahan adalah antara tanggung jawab individu dan harry. Terkadang mereka menempatkan sampai lima pemain di wilayah pertahanan sendiri.

Ia tidak puas dengan hal tersebut lalu – setelah petinggi klub mempertimbangkan pemecatannya – Herrera melakukan eksperimen, coba mengadaptasi sistem Rappan yang sukses di Swiss. Kesal melalui permainan Tiki-taka, pelatih jenius Chelsea, Roberto Di Matteo mencari cara untuk mematikan gaya permainan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *